Pelajaran Kemarin

Menjadi mahasiswa tingkat akhir ada senang ada sedihnya. Paling sedih sih kalo ada orang yang nanya,
"Gimana TA?"
Jleb. Langsung diem, merenung, dan rasanya mau lari ke kak arief (dosen pembimbing gue yang first meeting udah traktir dunkin donut dan bimbingan pertama kasih mytea). Emang panik sih, apalagi ada ekspektasi yang harus dipenuhi, tapi yang selalu gue tanamkan dalam hati adalah "This too shall passed". Yak, semua ini akan berakhir seperti semester lalu. Ya, semester lalu bagi gue yang sudang duduk di bangku perkuliahan 2,5 tahun adalah masa-masa terberat. Cerita tentang horrornya semester 7 akan gue ceritakan dari masing-masing mata kuliah.

Strategic Management, 4 SKS.
Matkul ini berhak dapet matkul paling dewa di semester lalu. Yang paling bisa nyita waktu dengan tugas-tugasnya yang sebarek and hello group project! Kalian pasti tahulah suka-duka nya group project dan di stratman ini lah kerjasama kelompok paling ditantang. Anyway, kalau dilihat dari ilmunya sih stratman ini sangat berguna banget, karena di sini kita diajarkan cara menganalisis perusahaan luar dan dalam dan gimana caranya buat nyusun strategi yang long term and short term. Hasil dari matkul ini adalah report 120+ halaman. Tidak lupa masih ada presentasi akhir dan written test final exam yang menghabiskan tepat satu buku lembar jawaban.

Business Research and Method, 3 SKS
Gila. Matkul ini yang bener-bener nyadarin kalo kita ini udah tingkat akhir which is Tugas Akhir di depan mata. Matkul ini mengajarkan tentang How to make your final thesis gitu dey. Tugasnya banyak, dan lagi-lagi tugas kelompok yang sempet bikin gue mau marah banget karena satu dan lain hal. Highlight of this matkul adalah proposal TA, yaitu bab 1-3 TA yang nantinya bakal dipake buat Tugas Akhir (sebenernya bebas sih mau dilanjutin apa enggak). Di sini sih pusing sepusing pusingnya pusing apalagi pas nyari topik dan di sisi yang kita belum punya dosbing. Macam anak bebek kehilangan induknya tapi harus tau arah mana dia pulang.




Compensation Management and Employee Performance, 4 SKS
Finally matkul HR! Nama mata kuliahnya emang panjang sepanjang waktu kuliahnya dari jam 09.00 - 12.30. Nahan kantuk luar biasa sekali kalo di kelas ini, untung bapak dosennya baik sekali mau memberikan waktu break 15 menit (yang kemudian gue dan adel suka extend sampai setengah jam). Mata kuliah ini mengajarkan sesuai dengan nama matkulnya, kompensasi pegawai dan penilaian kinerja pegawai. Tugas besar di matkul ini ada tiga (ya tiga, bukan satu tapi tiga) : Analisis perusahaan dalam bidang performance managementnya dengan report dan presentasi, menghitung kompensasi pegawai perusahaan, dan individual essay. Gila sih ini tugasnya. Super menyita waktu dan saat kemarin H-2 minggu presentasi tugas performance kelompok gue belum wawancara samsek tapi mungkin kebereuntungan di pihak kita, tibatiba ada announcement  di email mengenai deadline extension. Ini adalah berita baik bagi para deadliners. Tapi menurut gue sendiri tugas-tugas ini jadi bahan 'praktik'nya dari teori-teori yang diajarin di kelas, jadi cukup membantu walaupun menyita waktu.

Economics, 4 SKS
Mungkin pada heran kenapa di semester 8 seorang mahasiswa manajemen masih baru dapet mata kuliah ini. Ya karena basis dari manajemen di ITB adalah sekolah bisnis bukan fakultas ekonomi dan bisnis seperti di kampus lainnya. Itulah kenapa basis manajemen di SBM ITB sendiri adalah praktikal yang mencerminkan 'bisnis' itu sendiri. Ekonomi pelajarannya ya tentang ekonomilah. Intinya hitung-hitungan lah ya. Kelas jam 7 paginya sih yang buat gue struggling setiap paginya. Belum lagi di auditorium suka ada kuis mendadak. Alhamdulillah nya matkul ini mungkin satu-satunya matkul yang tidak ada take-home assignment ataupun group project.

Project Management, 3 SKS 
Kelas paling fun! Mostly karena anak-anaknya sih. Proman ini sebenernya mata kuliah operation namun gue iseng aja ambil karena pas belajar subbab tentang proman di TOM (technology operational management) lalu cukup tertarik. Jadi anak-anak ope ini mayan asik-asik dan udah kenal karena pas semester pendek kemaren gue ambil matkul ope juga. (Iya, arifah emang anaknya anti mainstream, major HR dan minornya Operation. Bahkan jumlah matkul yang diambil dari masing-masing major sama-sama 3. LoL) Di tambah di kelas ini kedatangan anak exchange dari jerman tiga orang dan si ibu dosen suka banget nanya-nanya ke mereka bahkan instead of final exam we werehaving farewell party for them sponsored by bu yuli tercinta. Matkul ini menurut gue 'mayan guna' di kehidupan sehari-hari meskipun lo gak bekerja di bidang operation. Salah satu tugasnya bahkan ada tentang planning wedding orang lain gitu. So fun and so relatable!


Itulah 5 mata kuliah prodi manajemen yang gue ambil dan cukup menyita waktu sebenernya ada dua lagi mata kuliah DKV dan mata kuliah umum yang gue ambil for the sake of graduation requirement, (Wajib mengambil mata kuliah luar prodi minimal 3 sks) and for the sake of dongkrak nilai lol.

Hukum Perburuhan&Psikologi Sosial (2 SKS/each)
Hukum perburuhan atau hukper dosennya adalah bu siti kesayangan yang pertama kali berjumpa sejak KWN. Dosen ini super baik banget gatau lagi dan tugasnya juga cukup cari artikel dan cukup hadir di setiap pertemuannya saja. Lagipula hukper ini sebenernya rada berhubungan sama HR. Lalu psikologi sosial atau psikosos, setiap pertemuan super fun karena ibunya mengajarkan tentang soft skill dan sosial banget yang terjadi di sehari-hari. Group Project akhir tugas ini cukup unik yaitu kita disuruh bikin sesuatu yang ngebuat orang lain tersenyum, videokan, lalu kumpulkan!


Semester 7 yang berisikan 21 SKS kemarin berlalu seperti kedipan mata kalau di ingat-ingat lagi sekarang. Tapi kalau pas living in the moment nya berasa panjang banget kayaknya. Overall, yang bikin berat itu adalah tugas kelompok dimana-mana dan temen kelompoknya beda-beda setiap mata kuliah dan mereka udah mulai kesibukan masing-masing. Menjadi 'tulang rusuk' kelompok itu sih yang bikin capek banget.
Pelajaran dari semester 7 lalu adalah : Be smart in choosing partner for group project, dear :)


Comments

Popular Posts