Internet

Hai haii! kembali lagi dengan saya!! Setelah 2 minggu kembali bersekolah setelah libur lebaran baru sempet buka blog nich! wkwk Karena seminggu kemaren banyak banget ulangan dan tugas yang bejibun! Bwlum lagi kegiatan ekskul yang gak kalah padet.
Tapi di post kali ini gue gak mau curhat kok, tenang aja :) wkwk. Seperti judul di atas, gue mau memberi tahu sekilas tentang internet.
Semua orang kayaknya udah tau internet itu apa, tapi gak mungkin internet itu langsung ada kan pas pertama kali kita buka internet? nah di sini gue mau jelasin tentang "peralatan mengakses internet" Check It Out!

1. Kabel UTP
 Kabel UTP atau kabel unshielded twisted pair adalah kabel yang biasa digunakan untuk membuat jaringan atau network komputer berupa kabel yang didalamnya berisi empat (4) pasang kabel yang yang setiap pasangnya adalah kembar dengan ujung konektor RJ-45.

ini dia contohnya


kabel UTP sebelum dipasangkan RJ 45

nah setelah dipasangkan RJ 45 akan jadi seperti ini, lalu dibagi dua untuk pemasangannya, ada yang cross ada yang straight.
Kalo cross itu komputer-komputer, hub-hub
Kalo straight itu Komputer-hub








2. HUB/Switch 
Hub berfungsi jika, ingin ada lebih dari 1 PC yang ingin mengakses internet dengan IP adress yang sama. Kabel UTP akan di pasangkan di port di hub/switch, lalu di port sebelahnya akan ada kabel UTP yang mengubungkan ke modem. 
contoh hub, dengan port yang banyak yang bisa menguhubungkan lebih dari 2 komputer.

3. Modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.

Modem dibagi dua yaitu:
a. Modem Internal
Modem yang terdapat di dalam PC itu. Namun, Modem internal ini hanya bisa digunakan untuk satu PC. 
b. Modem eksternal
modem yang ditempatkan di luar perangkat utama CPU. Modem ini terpisah dari PC dan dihubungkan melalui kabel LAN dan kabel USB, tergantung tipe modemnya




4. Lan card/ Ethernet card
Fungsi LAN card atau fungsi ethernet card adalah untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan LAN, melalui LAN ini setiap komputer dapat saling bertukar data maupun mengakses perangkat keras seperti printer, tentu saja untuk dapat saling bertukar informasi antar komputer di perlukan setting-tertentu.

5.Router
Router adalah peningkatan kemampuan dari bridge. Router mampu menunjukkan rute/jalur (route) dan memfilter informasi pada jaringan yang berbeda. Beberapa router mampu secara otomatis mendeteksi masalah dan mengalihkan jalur informasi dari area yang bermasalah. Router bekerja menggunakan routing table yang disimpan di memory-nya untuk memutuskan tentang kemana dan bagaimana paket dikirimkan. Router dapat memutuskan rute terbaik, oleh karena itu router lebih "cerdas" dibanding bridge.





Yak, segitu aja, sekilas peralatan mengkases internet yg bisa gue sampein, semoga bermanfaat! 
Bye! 

Comments

Popular Posts