Meet the 'Mini Adzra'

Kamis siang, tepatnya setelah dzuhur bel pulang sekolah berbunyi sorak sorai murid smansa menggema. Gimana enggak? harusnya maish ada 2 jam pelajaran lagi, tapi udah bel pulang. Ditambah paginya ada debat cakeos yang menyita jam belajar, otomatis hari itu smansa tidak belajar. Untuk gue, kamis itu semakin 'free' ditambah gak ada kumpul macem2 mpos,rohis,eskul,tugas kelompok,dkk. Jadi, bisa langsung pulang! wey, tapi kan tenggo bukan kebiasaan gue. Eh ternyata Nova ngajak ke nf, gimana gak tambah seneng? Akhirnya kita cao ke nf gak cuman berdua doang tapi dengan beberapa alumni nf di smansa lainnya. Di angkot dalam perjalanan menuju nf tiba-tiba ujan! kontan, semua pada panik, apalagi pas tau kalo ujannya tambah deres. Tapi kita tetep bulet tujuannya : NF. Akhirnya turun angkot ujan-ujanan semuanya basah gak ada yang kering.
Sampe di NF kita diliatin kayak orang gila. Kita kayak sekumpulan orang gila yang gak punya payung atau tempat berteduh tris mampir ke nf, apalagi kita pake batik smansa yang merah ngejreng yang bisa diliat dari atas monas. Akhirnya diliatin adek-adek kelas dan guru-giri dengan setengah tertawa. Niat iseng pengen ke nf, berbuahkan basah. Akhirnya solat trus ngobrol-ngobrol dengan guru-guru. Seneng banget bisa ngobrol lagi, nostalgia waktu SMP walaupun nf sudah banyak yang berubah. Satu lagi tujuan kita pengen ke nf: pengen ke kantinya! karena kantin nf dan smansa beda jauh. Di kantin ternyata banyak penjual yang baru akhirnya kita sok sok icip-icip semua jajanan. Karena suasana mendukung,  kita memutuskan untuk makan bakso heru. Pas lagi antri tiba-tiba ada anak SD nyolek tanagn gue (fyi, SMP NF sekarang gabung sama SD NF) Setengah kaget akhirnya gue nengok, perempuan dengan berbalut seragam batik sdnf melihat ke arah gue dengan tersenyum.Trus dia mulai nanya macem-macem.
"Kakak namanya siapa?"
"emm...... Arifah"
"Ohh... Kak Arifah sekolah dimana?"
Pas dia nanya gini, tiba-tiba segorombolan anak SD ngelilingin gue. Anak SD yang baru dateng nanya lagi nama gue siapa, akhirnya gue jawab. Trus gue beralih ke pertanyaan anak SD pertama yang nanyain gue.
"Di smansa. " Gue jawab dengan senyum lebar
"Ohh.."
Tiba-tiba terdiam. Selagi ngobrol gue berusaha inget-inget dia siapa, apakah dia adeknya temen gue? atau bahkan sepupu gue? Berusaha memutar otak dan gagal. Gue gak kenal dia. Tiba-tiba dia mulai nanya lagi.

"Smansa itu SMA atau SMP kak?"

GUBRAAAK! Rasanya gue pengen jatoh, kayaknya salah banget yak gue ngomong 'smansa' sama anak sd-_- Akhirnya dengan lemesnya gue jawab,
"SMA dek.."
"itu di mana kak??" Dia mulai nanya lagi
"Di nusan.... Eh pokoknya jauh deh" Tadinya mau gue jelasin tapi takutnya ini anak gatau dan mulai nanya-nanya lagi akhirnya gue jawab seadanya.
"Trus kakak ngapain ke sini?" JLEB. Pertanyaannya dalem. Berarti dari tadi dia gak tau kalo gue alumni nf dan mungkin dia kira gue orang gila nyasar trus numpang makan bakso kali yak.
"emm, aku dulu SMPnya disini" Dengan senyum selebar-lebarnya entah termasuk senyum maksa atau enggak. Akhirnya gue penasaran dan mulai gantian nanya ke dia.
"Kamu kelas berapa?"
"Kelas 6 kak"
"Oh."
Kemudian terdiam. Dan kayaknya termasuk awkward moment karena gue gaktau lagi mau nanya apa, dan dia juga kehabisan pertanyaan. Gak lama kemudian ada ibu-ibu dateng ngehampirin anak sd yang nanyain gue trus tiba-tiba bubar semua. Gue masih speechless abis ditanyain pertanyaan sama anak SD. Trus gue kepikirian, ini anak mirip sama adzra, Adzra kan soksok SKSD sama orang yang bahkan baru dia temuin di jalan. Dan semenjak waktu itu gue namain anak SD itu, 'Mini Adzra'


Comments

Popular Posts